Friday 10 December 2010

Kue Lapis Beras

Kue Lapis beras ini rasanya enak, manis gurih dan lembut. Pembuatannya mudah, hanya perlu kesabaran saat mengukusnya. Waktu pembuatan sekitar 45 menit sampai 1 jam.


Resep dibawah ini untuk sekitar 50 potong kue.
Siapkan loyang ukuran 18 x 18 cm tinggi 6 cm , olesi tipis dengan minyak goreng pada dasar dan sisi sisi loyang, sisihkan.

Bahan :
1500 ml liter santan sedang (sy pakai 800 ml santan cair + 700 ml air)
250 gr gula pasir
5 lbr daun jeruk purut
1 sdt garam halus
300 gr tepung beras
100 gr tepung tapioka
Pewarna makanan ( merah dan hijau  )

Cara Membuatnya :
1. Masak dengan api kecil : santan, gula pasir, garam dan daun jeruk, aduk hingga gulanya mencair, dinginkan.

2. Siapkan wadah besar, campur tepung beras dan tapioka, tuang santan sedikit2 sambil diaduk rata. Bagi adonan dalam 3 wadah, tambahkan pewarna makanan pada masing-masing, dan biar kan satu bagian berwarna putih (tanpa pewarna).
Total berat adonan 2000 ml. Saya membaginya 500 ml untuk warna merah, 500 ml untuk warna hijau dan 1000 ml untuk warna putih.

3. Panaskan kukusan, tuang  2 sendok sayur adonan merah kedalam loyang, kukus 5 menit, lalu tuang warna putih, kukus 3 menit, lalu lanjutkan dengan warna hijau dan seterusnya ( tiap lapisan beri warna putih pada bagian lapisan berikutnya ) selang seling. Lakukan hingga adonan habis. Terakhir kukus selama 15 hingga matang.

4. Keluarkan loyang dari steamer , dinginkan selama 30 menit atau 1 jam, lalu balik loyang untuk mengeluarkan  kue perlahan dari loyang, dinginkan.

5. Potong kue lapis dengan pisau yg di lapisi plastik agar kue tidak lengket saat dipotong, sajikan.


                                                              Sumber